Pohon Dikenang Karena Buahnya


Pohon durian lebih berharga dari pohon jambu air bukan karena pohon durian lebih besar atau lebih tinggi dari pohon jambu air tapi karena buah durian lebih mahal dari buah jambu air. Kenapa buah durian lebih mahal harganya dari jambu air? Yang pasti rasa durian lebih enak dari jambu air.

Jika pohon dikenang karena buahnya maka manusia dikenang karena perbuatannya. Perbuatan manusia itu ada dua macam; yang pertama bersifat rill semacam karya yang kedua bersifat abstrak semisal jasa. Kita tidak pernah bertemu dengan Sir Thomas Alva Edison, tapi semua dari kita mengenal beliau. Berkat karyanya berbentuk bola lampu Sir Thomas Alva Edison menjadi legenda, beliau sudah tidak ada tapi namanya senantiasa mengiang-ngiang di telinga. Sunan Ampel telah tiada berabad-abad lamanya, namun namanya masih menggema di setiap dada kaum muslimin Indonesia, bahkan kuburannya setiap hari penuh sesak dengan para penjiarah. Beliau telah tiada tapa jasa beliau menyebarkan Islam di Nusantara membuat beliau tetap hidup di hati kaum muslimin wal muslimat.

“Aku ingin hidup seribu tahun lagi………..”, ungkapan teatrikal ini terucap dari seorang sastrawan muda yang juga mati muda, Khairil Anwar mungkin tidak menyangka sebelumnya kata-katanya kini menjadi nyata. Dia sudah tiada namun namanya tetap dikenang sebagai pelopor angkatan 45 dalam ranah sastra Indonesia.

Di hadapan kita terhampar beribu bahkan berjuta lembaran-lembaran putih dari sebuah buku yang bernama kehidupan. Orang tua telah memberikan sebuah pena dan tinta alakadarnya, mari kita pergunakan tinta dan pena yang telah kita dapatkan untuk menulis sejarah hidup. Bila tinta yang kita dapatkan dari orang tua tidak cukup untuk menuliskan kisah tentang kita di masa yang akan datang, Mari kita cari sumber-sumber tinta yang tersebar di setiap jengkal tanah yang kita pijak. Mari kita tulis sebanyak mungkin cerita tentang kesuksesan, menulis setiap pelajaran yang kita dapatkan dari kegagalan, menggambar setiap detail pengalaman yang kita dapatkan sepanjang jalan kehidupan karena sesungguhnya guru yang terbaik adalah pengalaman.

Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain” Mari kita berusaha untuk berjasa kepada masyarakat, jadikan keberadaanmu di tengah-tengah masyarakat sebagai anugerah. Untuk menjadi orang berjasa tidak mesti menjadi seorang public figure, berjasa itu tidak dibatasi struktur fungsional organisasi, berjasa itu tidak ada batas usia, berjasa tidak mesti kaya karena berjasa adalah keinginan naluriah manusia untuk menunjukan keluhuran fungsinya sebagai khoirul makhluk.

Manusia yang selalu terpanggil untuk memberikan bantuan kepada orang lain adalah manusia yang telah menyadari fungsinya sebagai makhluk social. Manusia yang setelah membantu memiliki pendaman asa untuk mendapatkan balasan dari perbuatannya telah kehilangan peluang manjadi manusia paripurna.

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: