Ottoman

Ottoman merupakan istilah barat untuk menyebut kerajaan Islam Turki Uthmani. Kerajaan yang terletak di Negara Turki ini, pada mulanya adalah sebuah suku nomaden yang digunakan tenaga serta keberaniannya oleh sultan-sultan dynasti Seljuk untuk melawan para agressor dari Mongolia.

Pendiri kerajaan Turki Uthmani adalah Osman Bey atau Uthman anak dari kepala  suku Oghuz bernama Artoghul. Berawal dari keruntuhan Dynasti Seljuk oleh penyerangan bangsa Mongol pada tahun 1300 M, Osman Bey memproklamirkan diri sebagai pemimpin bangsa Uthmani. Osman memulai kampanyenya dengan menaklukan kabilah-kabilah sekitar wilayahnya kemudian diteruskan dengan menyerang wilayah-wilayah kekuasaan Byzantium.

Osman meninggal pada tahun 1336 M dan digantikan oleh putranya Ourkhan. Raja baru ini memulai aksinya dengan menaklukan Bursa kota penting di ujung Barat Anatolia yang kemudian dijadikan sebagai ibu kota kerajaan. Dengan bermarkas di Bursa pasukan Uthmani sudah mendekati ibu kota kerajaan Byzantium, Konstantinopel. Ourkhan berusaha menggembosi kekuatan Byzantium dengan cara menaklukan daerah yang berada dibawah kekuasaan Byzantium seperti: Nicomedia (Izmit) dan Nicaea (Iznik). Untuk memperkuat diri Ourkhan membentuk pasukan bersenjata yang diberi nama Inkisyâriyah (Janissary).

Cita-cita besar bangsa Uthmani untuk mengambil alih Konstantinopel  bisa terwujud pada masa pemerintahan Muhammad II bin Murad II. Setelah melakukan pengepungan selama berminggu-minggu akhirnya benteng Konstantinopel terbuka dan Byzantium pun bisa ditaklukan. Oleh karena jasanya meruntuhkan kekuatan Byzantium, Muhammad II mendapat gelar Al-Fatih yang berarti sang panakluk. Kemudian Konstantinopel berganti nama menjadi Islam bul atau Negara Islam. Pada masa Republik Islam bul menjadi Istambul.

Kehebatan Turki Uthmani berlanjut hingga mereka menjadi bangsa terbesar sepanjang abad 15 sampai 16 Masehi. Kekuasaan Turki Uthmani mencakup hampir seluruh bagian Tenggara Eropa sampai ke gerbang Vienna termasuk Hungaria, Serbia, Bosnia, Rumania, Yunani dan Ukraina. Di bagian Asia Barat Turki Uthmani menguasai Iraq, Syria, Israel dan daerah Hijaz. Sedangkan sayap-sayap Turki Uthmani di Afrika meliputi Mesir, Maroko, Tunisia sampai ke Barat Aljazair.

Keruntuhan Turki Uthmani bermula di Abad ke 17 Masehi ketika pasukan bersenjata Turki mengalami kekalahan di Wina pada tahun 1683 M. Kekalahan ini terjadi karena perkembangan kekuatan militer Eropa tidak diimbangi oleh perkembangan persenjataan Turki. Kekalahan pertama itu terus berlanjut ke kekalahan-kekalahan berikutnya. Akhirnya Turki yang pada masa perang dunia I berpihak ke blok Timur menyerah kalah kepada pasukan Barat. Kekuasaan Turki Uthmani menjadi rampasan perang bangsa-bangsa Barat.

Pada tahun 1992 sejarah mencatat kerajaan Turki Uthmani dihapus digantikan dengan Republik Turki. Aktor utama yang menggulingkan kekuasaan khalifah ini adalah seorang perwira muda bernama Mustafa Kemal Pasha.

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: