Kota Bunga itu Bernama Doha

Jarum jam menunjukan pukul 6.45 waktu Qatar atau 10.45 WIB ketika kaki saya melangkah keluar dari airport internasional Doha. Sebenarnya sebagai penumpang pesawat transit saya dan rombongan tidak bisa keluar dari area airport, namun berhubung pengelola travel berhasil melobi pihak manajemen penerbangan Qatar akhirnya kami bisa menengok Negara teluk yang sedang naik daun ini.

Doha merupakan ibu kota Negara Qatar yang baru-baru ini terpilih sebagai tuan rumah piala dunia 2022. Nama Doha sendiri dalam bahasa Arab berarti pohon besar. Menurut sensus penduduk 2008 kota terbesar di Qatar tersebut hanya berpenduduk 998,651 jiwa, hampir berimbang dengan populasi  di kota Bogor 949,066 jiwa, namun berbilang jauh dari penduduk kabupaten Bogor yang berjumlah 4,7 juta jiwa.

Keluar dari area airport rombongan kami disambut oleh dua orang guide berwajah semi Arab, sama bilang semi arab karena dari postur tubuh, warna kulit dan lekuk wajah memang mirip Arab tapi dari gaya Bahasa jelas bukan orang Arab tulen. Guide menuntun kami menuju bus yang sudah terparkir tidak jauh dari pintu keluar bandara. Setelah semua rombongan masuk bus, guide pun memperkenalkan diri yang ternyata berasal dari Bangladesh.

Mobil baru berjalan beberapa meter dari parkiran airport, kami sudah disuguhi dengan pemandangan yang sungguh diluar perkiraan. Di sepanjang jalan, rumput hijau menghampar dipagari oleh bunga aneka warna. Andaikan saya menginjakkan kaki di Doha tahun 1971 ketika Negara ini baru merdeka dari penjajahan Inggris mungkin yang akan terhampar disepanjang jalan adalah tumpukan pasir gersang yang apabila diterjang angin akan menyiksa siapapun yang ada di sekitarnya.

Negeri yang dipimpin oleh Syeikh Hamad bin Khalifa Al-Thani ini memang sedang melakukan percepatan pembangunan. Di sepanjang jalan kami disuguhi oleh bangunan-bangunan megah yang di depannya dihiasi taman indah. Saya masih terheran-heran dengan pemandangan kota Doha, ketika supir menginjak rem dan guide menjelaskan bahwa kami akan dibawa ke pesisir teluk Persia.

Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menganugerahi segala macam keindahan. Di sepanjang pesisir teluk Persia pemerintah Qatar telah menjadikan pantai sebagai tempak rekreasi keluarga yang sangat nyaman. Tidak ada pasir pantai, tidak ada perempuan berbikini yang sedang berjemur, tidak ada anak-anak yang bermain balon air yang ada adalah sumput segar, pohon rindang, dan bunga-bunga yang sedang mekar di setiap tepi jalan. Bagi keluarga Qatar yang ingin jogging bareng, di tempat ini di sediakan trek bagi pecinta lari pagi or sore. Bagi yang ingin makan bersama keluarga atau nimbel dalam bahasa Sunda, tersedia tempat duduk luas untuk menggelar tikar atau karpet. Bagi yang ingin menikmati sunset di teluk Persia tersedia kursi-kursi di sepanjang tepi pantai. Namun bagi yang ingin membawa pacarnya, pesisir teluk Persia di Doha bukanlah tempatnya karena otoritas keamanan mengharamkan tempat tersebut untuk perbuatan maksiat.

Setelah puas menikmati pemandangan di pesisir teluk Persia, rombongan menuju Khalifa International Stadium, stadion olahraga yang menjadi venue pesta olahraga terakbar di Asia Asian Games 2006. Stadion ini menjadi saksi acara pembukaan Asian Games yang tercatat sebagai Asian Games terbesar sepanjang sejarah. Dan stadion ini juga menjadi saksi sejarah kehebatan pasukan Matahari Terbit Jepang yang menggilas Australia untuk menjuarai piala Asia 2011 di bulan Januari lalu.

Akhirnya city tour kami berakhir di area pacuan kuda. Saya berkesempatan masuk ke tempat training kuda yang akan mengikuti kompetisi internasional horse racing. Ternyata bukan hanya orang Australia yang menjadikan pacuan kuda sebagai olahraga kegemaran, di daratan Arab pun kuda menjadi komoditas olahraga yang mengasikan.

Alhamdulillah setelah berkeliling kota Doha selama hampir tiga jam, rombongan kembali ke airport Doha International untuk meneruskan penerbangan ke Jeddah.

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: