Yerussalem

Yerussalem adalah sebuah kota di Timur tengah yang didirikan pada sekitar 2500 SM. Ada yang menyatakan suku Kana’an adalah pendiri kota tersebut yang namanya sesuai dengan nama dewa mereka. Ada juga keterangan lain yang menyatakan bahwa Yerussalem didirikan oleh suku Arab bernama Yabousyyun. Menurut tradisi Yahudi, kota ini didirikan oleh Shem dan Eber, nenek moyang Nabi Ibrahim as.

Kota Yerussalem merupakan kota sengketa dari mulai berdiri sampai sekarang. Di kota ini tiga umat terbesar: Yahudi, Nasrani dan Muslim memiliki sejarahnya masing-masing. Yahudi menginjakan kaki di daratan Yerussalem pada sekitar tahun1200 SM. Mereka dibawa oleh nabi Musa setelah dibebaskan dari perbudakan Fir’aun Mesir. Situs yang paling berharga bagi bangsa Yahudi adalah Haikal Sulaiman. Umat Nasroni yang pertama menaklukan Yerussalem adalah bangsa Romawi. Pada tahun 70 M, raja Romawi Titus berhasil mengalahkan penguasa Yahudi. Pada sekitar  tahun 313 M, dibawah kekuasaan Bizantium yang dipimpin oleh Konstantin, Ratu Helina ibu suri berziarah ke Yerusalem dan mendirikan Gereja Makam Isa Almasih.

Umat Islam pertama kali menguasai Yerussalem pada masa khalifah Umar Ibn Khattab. Pasukan Islam yang dipimpin oleh Amr bin Ash berhasil memasuki kota Yerusalem pada sekitar tahun 635 M. Penduduk Yerussalem memilih untuk melakukan perjanjian damai dengan Muslimin. Khalifah Umar ibn Khattab yang pada waktu itu berada di Madinah harus berangkat ke Yerussalem untuk menanda tangani perjajian damai yang isinya antara lain:

  • Kewajiban membayar pajak bagi penduduk Yeressalem sebagai jaminan keamanan mereka
  • Kebebasan beragama bagi seluruh penduduk Yerussalem, umat Nasrani sebagai kaum mayoritas dipersilahkan beribadah di gereja dengan pengamanan tentara Islam

Umar ibn Khattab kemudian membangun masjid di kota Yerussalem. Hal ini dilakukan karena muslimin seringkali diajak shalat di gereja-gereja umat Nasrani. Masjid yang terbuat dari kayu itu diberi nama Masjid Umar, sesuai dengan nama pendirinya.

Meskipun umat Islam yang terakhir memasuki kota suci Yerussalem, bagi muslimin kota ini merupakan kota suci ketiga setelah Makah dan Madinah. Kesakralan Yerussalem bagi muslimin karena di kota tersebut terdapat Masjid Al-Aqsa yang menjadi tempat pijakan Rasulullah saw sebelum melakukan perjalanan Mi’raj ke sidaratul muntaha. Juga pada masa-masa awal Islam, Rasul saw dan muslimin melaksanakan shalat dengan berkiblat ke Al-Aqsa yang berada di arah Timur.

Dewasa ini Yerussalem menjadi ladang pertempuran Israel dan Palestina. Bangsa Palestina yang sejak tahun 1200 SM menempati areal kota Yerussalem menganggap kota ini sebagi Ibu kota Negara. Begitu juga dengan Israel keturunan Yahudi merasa berhak atas tanah Yerussalem karena nenek moyang mereka pernah menempati Yerussalem sebelum diusir oleh tentara Romawi pada awal abad ke 8 Masehi.

Sebagai jalan tengah PBB menganggap Yerussalem sebagai kota Internasional yang dimiliki oleh seluruh bangsa. Untuk menguatkan keberadaan Yerussalem sebagai kota Internasional mulai tahun 1981 Yerussalem dinyatakan sebagai warisan budaya dan dilindungi oleh UNESCO.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: