Zakat

Zakat berasal dari kata “zakkaa – yuzakkii – tazkiyatan – zakaatan” yang berarti bersih dan berkembang. Sedangkan menurut syariat Islam zakat adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang yang telah memenuhi syarat kepada delapan golongan yang ditetapkan oleh Allah.

Menurut pendapat Ibn Hazar zakat adalah: “Memberikan sebagian dari harta yang sejenis yang sudah sampai nashob selama setahun dan diberikan kepada orang fakir dan semisalnya yang bukan dari Bani Hasyim dan Bani Mutholib.” (Al-Fath 3:262). Sedangkan menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah zakat adalah: “Memberikan bagian tertentu dari harta yang berkembang jika sudah sampai nishob untuk keperluan tertentu.” (Mausu’ah Fiqh Ibnu Taimiyah 2 : 876; Fatawa 25:8)

Hukum mengeluarkan zakat adalah wajib bagi semua umat Islam karena zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Perintah zakat di dalam Al-Qur’an senantiasa beriringan dengan perintah shalat, hal ini mencerminkan pentingnya zakat bagi muslimin.

“Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat……”(QS Al-Baqarah : 110)

“Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kami lah mereka selalu menyembah.”(QS Al-Anbiya : 73)

“(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.”(QS Al-Hajj : 41)

 “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS Al-Bayyinah : 5)

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :“Islam dibangun di atas lima dasar, bersaksi bahwa tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan utusanNya, menegakkan sholat, menunaikan zakat, menunaikan haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan Ramadhan.(HR Bukhari wa Muslim)

Ibnu Abbas r.a. berkata, “Aku diberitahu oleh Abu Sufyan r.a., lalu ia menyebutkan hadits Nabi. Ia mengatakan, ‘Nabi menyuruh kita supaya mendirikan shalat, menunaikan zakat, silaturahmi (menghubungi keluarga), dan afaf ‘menahan diri dari perbuatan buruk.”

Kewajiban zakat bukan hanya dibebankan kepada umat Islam, umat terdahulu juga dibebani mebayar zakat. Sebagaimana diungkap Al-Qur’an tentang kewajiban zakat terhadap nabi Isa as

“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.” (QS Maryam : 31)

Tujuan diwajibkannya zakat oleh Allah swt adalah untuk mensucikan hati dari sifat kikir dan cinta dunia secara berlebihan dan membersihkan harta dari hak orang lain. Karena dari harta yang dimiliki oleh seorang muslim tersimpan bagian saudaranya.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkandan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(QS At-Taubah : 103)

Adapun muslimin yang berhak menerima zakat ada delapan golongan, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 60

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

  1. Orang fakir: orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai harta dan tenaga untuk memenuhi penghidupannya.
  2. Orang miskin: orang yang tidak cukup penghidupannya dan dalam keadaan kekurangan.
  3. Pengurus : orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan membagikan
  4. Muallaf: orang kafir yang ada harapan masuk Islam dan orang yang baru masuk Islam yang imannya masih lemah.
  5. Memerdekakan budak: mencakup juga untuk melepaskan muslim yang ditawan oleh orang-orang kafir.
  6. Orang berhutang: orang yang berhutang karena untuk kepentingan yang bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Adapun orang yang berhutang untuk memelihara persatuan umat Islam dibayar hutangnya itu dengan zakat, walaupun ia mampu membayarnya.
  7. Pada jalan Allah (sabilillah): yaitu untuk keperluan pertahanan Islam dan kaum muslimin. Di antara mufasirin ada yang berpendapat bahwa fisabilillah itu mencakup juga kepentingan-kepentingan umum seperti mendirikan sekolah, rumah sakit dan lain-lain.
  8. Orang yang sedang dalam perjalanan yang bukan maksiat mengalami kesengsaraan dalam perjalanannya.

Zakat terbagi menjadi dua

  1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat diri yang wajib dikeluarkan oleh semua muslimin. Zakat fitrah dilaksanakna pada bulan Ramadhan, waktunya sebelum pelaksanaan shalat ied. Zakat fitrah berupa barang makanan pokok sebanyak satu mud

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.: Bahwa Rasulullah saw. mewajibkan zakat fitrah dari bulan Ramadan kepada manusia, yaitu satu sha` (gantang) kurma atau satu sha` gandum atas setiap muslim, merdeka atau budak, lelaki maupun wanita. (Shahih Muslim No.1635)

 

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.: Bahwa Rasulullah saw. memerintahkan agar zakat fitrah diberikan sebelum manusia berangkat untuk salat Ied. (Shahih Muslim No.1645)

 

  1. Zakat Harta

Zakat harta adalah zakat yang diwajibkan kepada seorang muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Diantaranya adalah: Baligh, Berakal, Memiliki harta secara penuh, Umur harta sudah mencapai satu tahun dan sampai kepada nisab.

Adapun harta yang wajib dizakati adalah:

  • Binatang ternak seperti: Unta, Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba.
  • Emas dan Perak
  • Hasil Pertanian seperti buah dan sayuran
  • Barang dagangan
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: