Ka Handap Teu Betian, Ka Luhur Teu Pucukan

Tulisan ini khusus didedikasikan kepada almarhum paman saya. Beliau meninggal awal bulan Februari. Tepatnya pada malam jum’at pertama bulan tersebut. Menurut saksi mata yang melihat jenazah, almarhum tersenyum di akhir hayatnya. Semoga menjadi pertanda kebahagiaan di alam baka.

Beliau belum pernah menikmati kebahagiaan, jika kebahagiaan itu diukur dari segi materi. Tapi jika kebahagiaan diukur dari kedamaian di dalam hati, sepertinya di masa-masa akhir hidupnya almarhum sempat menyicipi. Anak laki-laki tertua dari keluarga kakek/nenek saya tersebut sejak kecil sudah bergelut dengan ilmu agama. Setamat dari SD dia masuk pesantren. Sampai menginjak dewasa masih terus berguru dari satu pesantren salaf ke pesantren lainnya.

Diskusi agama dengan beliau selalu berbuah. Setidaknya saya pribadi mendapat banyak masukan. Meski tidak pernah mencicipi bangku sekolah menengah, tapi kadar kelimuannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Ratusan hadits dihapal, pemahaman tentang hukum fiqih juga lumayan dalam, apalagi kalau bicara tasawuf. Saya sering menjadi bahan percobaan. Semenjak tahu saya belajar di pesantren, beliau sering menguji kemampuan saya. Terkadang saya merasa kurang nyaman, tapi akhirnya menjadi biasa.

Pada suatu perbincangan beberapa tahun lalu. Kalau tidak salah setahun lalu. Saya berkunjung ke Cisarua. Di ruang tamu rumah nenek, almarhum bercerita tentang pengalaman hidupnya. Tentang bagaimana beliau malang melintang di dunia pencarian ilmu, sampai pada keadaannya waktu itu. Saya hanya mendengar, sambil mengangguk. Sesekali saya menjawab, kalau ditanya.

Ada sebuah ungkapan yang sangat menyentuh keluar dari lisan beliau. “hirup ulah kos tangkal bantut, ka handap teu betian ka luhur teu buahan… kos mamang ayena. elmu loba tapi kurang ngamanfaatkeun” Kata-kata itu meluncur tidak sekedar dari lisan, tapi berasal dari hati yang dalam.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: